Bagaimana Mencegah Penyakit Osteoarthritis ?


BUKANBIKIN, JakartaOsteoarthritis (OA) adalah penyakit saat penderita merasakan nyeri dan disabilitas hingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Menurut WHO terdapat 151 juta jiwa di dunia, 24 juta jiwa di antaranya berada di kawasan Asia Tenggara dan mengidap penyakit yang dikenal dengan nyeri sendi ini.

Menurut Adrian W. Tarigan, spesialis ortopedi dari Rumah Sakit Jakarta, OA belum dapat disembuhkan sehingga pengobatan dilakukan hanya untuk memperlambat kerusakan dan mengurangi rasa nyeri. Tujuannya agar penderita dapat tetap aktif.

“Manajemen penanganan yang dapat dilakukan mulai dari pemberian obat hingga operasi ditujukan agar OA tidak semakin parah,” katanya.

Menurut dokter, yang juga ahli traumatologi ini, langkah pencegahan menjadi langkah terbaik agar orang tidak menderita OA. Dia menyarankan beberapa langkah untuk mencegah penyakit ini, antara lain:

1) Cegah obesitas atau kegemukan

Ia menerangkan, pria atau wanita yang kegemukan akan berpotensi terkena OA. Obesitas akan menyebabkan cedera pada perekat persendian pada lutut, panggul, dan lutut karena setiap saat akan menerima beban berlebih pada persendian tersebut.

2) Lakukan pemanasan sebelum olahraga

Pemanasan sebelum olahraga bisa mencegah OA. Hal ini ditujukan bagi mereka yang aktif, khususnya bagi para atlet olahraga berat, angkat besi, atau penari. Sebab, olah raga ini memiliki tumpuan pada lutut.

3) Mengkonsumsi suplemen

Berilah nutrisi untuk sendi dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung glucosamine danchondroitin. Kombinasi kedua bahan ini mampu meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi menjaga kondisi persendian.

4) Menjaga nutrisi agar selalu baik dan seimbang.

Tentang Bukan Bikin

Informasi, Trend, Inovatif
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s