Nusa Tenggara Barat

West_Nusa_TenggaraBUKANBIKIN – Nusa Tenggara Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia dalam gugusan Sunda Kecil. Nusa Tenggara Barat terdiri dari Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, memiliki luas wilayah 20.153,15 km2. Terletak antara 115° 46′ – 119° 5′ Bujur Timur dan 8° 10′ – 9 °g 5′ Lintang Selatan. Selong merupakan kota yang mempunyai ketinggian paling tinggi, yaitu 148 m dari permukaan laut, sementara Raba terendah dengan 13 m dari permukaan laut. Dari tujuh gunung yang ada di Pulau Lombok, Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi dengan ketinggian 3.775 m, sedangkan Gunung Tambora merupakan gunung tertinggi di Sumbawa dengan ketinggian 2.851 m.

Sebagian besar dari penduduk Lombok berasal dari suku Sasak, sementara suku Bima dan Sumbawa merupakan kelompok etnis terbesar di Pulau Sumbawa.

Berikut beberapa destinasi wisata yang ada di Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Pulau Lombok

Pulau Lombok merupakan salah satu pulau terbesar di Nusa Tenggara Barat dan memang banyak dijadikan tujuan wisata oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Anda bisa mengunjungi banyak tempat wisata di Pulau Lombok, baik itu tempat wisata yang ada di Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur maupun tempat wisata di Mataram.

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata bahari yang sangat populer di Nusa Tenggara Barat. Tempat wisata ini terletak di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ketika anda berada di pantai ini, anda dapat menikmati pemandangan gunung Agung yang terletak di Bali ditemani dengan deburan ombak yang tenang dan juga pantai yang landai. Banyak wisatawan yang menghabiskan waktu di pantai yang berpasir putih ini untuk sekdar melihat matahari terbenam (sunset). Pantai yang terletak 12 kilometer dari sebelah barat laut Mataram ini terbentang sepanjang 10 km dan akan membuat liburan anda sangat berkesan.

Pantai Maluk

Untuk wisata bahari yang kedua ini terletak di pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Perlu untuk anda ketahui bahwa pantai Maluk ini merupakan salah satu pantai yang paling banyak diminati wisatawan karena ombak di pantai ini sangat bagus untuk berselancar. Selain itu, untuk menuju tempat ini pun relatif lebih mudah karena angkutan yang menuju pantai Maluk ada setiap saat. Anda dapat sampai ke tempat wisata ini dengan menempuh perjalanan selama sekitar 6 jam dari kota Mataram.

Taman Nasional Gunung Rinjani

Sepertinya untuk tempat wisata ini juga sudah tidak asing untuk anda karena memang tempat wisata ini sudah sangat populer hingga tingkat internasional. Salah satu pesona unggulan dari tempat wisata ini yaitu danau Segara Anak yang berada di ketinggian 2.010 meter dari permukaan laut. Danau ini memiliki luas sekitar 1.100 hektar dan berada di puncak gunung Rinjani.

Pantai Kuta Lombok

Selain Pantai Kuta yang ada di Bali ternyata di Lombok juga terdapat pantai dengan nama yang sama yaitu Pantai Kuta Lombok. Pantai Kuta Lombok berada di Lombok Tengah. Keindahan Pntai Kuta Lombok ini tidak jauh beda dengan Pantai Kuta Bali. Hanya saja di pantai ini pengunjung relatif lebih sedikit jika dibandingkan dengan Pantai Kuta Bali.

Cari Hotel Murah ? Diskon hingga 70%