Nangroe Aceh Darussalam

Nangroe Aceh DarussalamBUKANBIKIN – Aceh terletak di ujung utara pulau Sumatera dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia. Ibu kotanya adalah Banda Aceh. Jumlah penduduk provinsi ini sekitar 4.500.000 jiwa. Letaknya dekat dengan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India dan terpisahkan oleh Laut Andaman. Aceh berbatasan dengan Teluk Benggala di sebelah utara, Samudra Hindia di sebelah barat, Selat Malaka di sebelah timur, dan Sumatera Utara di sebelah tenggara dan selatan.

Berikut beberapa destinasi wisata yang ada di Propinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Taman Rusa Sibreh

Taman wisata keluarga ini disebut sebagai Taman Rusa. Berada di Desa Lam Tanjong, Kecamatan Sibreh, sekitar 15 menit dari Kota Banda Aceh. Bagi yang ingin menghabiskan akhir pekan bersama keluarga, Taman Rusa cocok untuk dikunjungi.
Keindahan dari taman ini bukan tentang gerombolan rusa-rusa seperti nama yang disematkan. Melainkan keasrian hijau alam dan beberapa fasilitas liburan yang terdapat di tempat ini.

Taman Rusa dilengkapi berbagai fasilitas permainan anak, seperti tiga kolam pemandian dengan masing-masing ukuran yang berbeda, sepeda air, dan wate boom. Selain itu juga terdapat kolam menyerupai sungai yang mengelilingi sebuah pulau kecil. Di sinilah tempat bermain sepeda air.

Ada juga kolam tempat memancing. Pengunjung dapat menyewa alat pancing dan menguji kemahiran memancing berbagai jenis ikan seperti Gurami, Ikan Mas dan Mujair. Usai puas bermain, pengunjung dapat mencicipi berbagai masakan yang dijajakan di tempat ini. Harga kuliner tersebut terbilang murah jika dibanding tempat wisata lain.

Anoi Itam

Wisata Pantai Anoi Itam adalah Pantai yang mimiliki keindahan pasir yang berwarna hitam, yang terletak bagian daerah kecamatan Sukajaya Sabang. kenapa pantai ini dikasih nama dengan pantai anoi itam ? Anoi Itam itu dari bahasa Aceh yang artinya Pasir atau Tanah yang berwarna hitam. akhirnya tempat gampong disitu diberikan nama gampong Anoi itam.

Menurut mitosnya Wisata pantai Anoi itam ini memiliki berat jenis berbeda dengan pasir hitam yang ada di pantai – pantai lainnya. Beratnya kurang lebih tiga kali lipat berat pasir hitam pada umumnya. Hal ini disebabkan kandungan nikel yang tinggi dalam komposisi mineral penyusunnya. Paduan warna dari pasir hitam dan batu-batu kapur yang berwarna putih disekitarnya terlihat kontras dan memberikan sensasi keindahan tersendiri.

Keindahan Wisata Pantai Anoi Itam ini, dengan pemandangan yang penuh dengan pepohonan yang hijau dan batu – batu karang yang berbentuk terletak di ujung laut, dengan air yang bening dan terang. ketika angin musim barat bebatuan naik keatas pasir semua sehingga pasirnya berkurang dan ketika musim angin timur pasir tebal penuh dengan kehitaman dan bebatuan pun hilang. disinilah waktu yang tepat untuk kita mandi di kolam anoi itam, dnegan air yang dingin bersih dengan menyegarkan enak untuk dinikmati sambil berekreasi keluarga dengan membawa makanan dan minuman sambil bobok siang di pohon yang teduh dan angin yang sepoi-sepoi.

Pantai Sumur Tiga

Objek wisata pantai Sumur Tiga merupakan pantai indah yang terletak di gampong Ie Meulee, Pulau Weh. Pantai yang berpasir putih ini dikenal dengan panorama alam yang begitu mempesona. Sebagai pantai yang ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara, pantai sumur tiga dilengkapi fasilitas pendukung seperti diving dan snorkling, sehingga tak heran bila pantai ini banyak diminati oleh wisatawan lokal maupun wisatawan untuk memanjakan diri di pantai ini.

Pantai Sumur Tiga berlokasi di pantai timur Pulau Weh atau sekira 15 menit dari Kota Sabang, tepatnya di Kecamatan Ie Meule, Sukajaya, Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh. Konon kaatnya, asal muasal nama Pantai Sumur Tiga ini dikarenakan memiliki tiga sumur air tawar disana. Sehingga oleh sebab iu tempat itu dinamai dengan nama Pantai Sumur Tiga. Pantai Sumur Tiga memiliki karakteristik yang berbeda dengan Pantai Iboih atau pun Pantai Gapang. Pasir di Pantai Sumur Tiga lebih putih berkilau bak kristal dan lembut meskipun airnya sedikit berombak. Panorama pantainya membentangkan laut biru dipadu angin sepoi yang menggerakkan nyiur di pinggir pantai.

Selain itu, Pantai yang jernih dengan air laut berwarna biru kehijauan adalah pemandangan yang sangat menenangkan jiwa. Pohon kelapa yang dihembuskan oleh angin laut pastinya akan membuai Anda saat rebahan di pasir pantai atau duduk di rerumputan dan bawah pohon kelapa. Sementara itu, dilokasi pantai ini juga terdapat situs sejarah peninggalan masa Jepang. Yaitu, banyaknya benteng sisa Pendudukan Jepang meski kurang terawat, namun benteng tersebut masih bisa kita temukan di wilayah pantai Sumur Tiga tersebut. Pantai Sumur Tiga bisa dikatakan sebagai surga untuk Anda yang suka melakukan aktivitas diving dan snorkling dan berselancar angin.

 

Cari Hotel Murah ? Diskon hingga 70%