Kepulauan Riau

BUKANBIKIN – Kepulauan Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia. Provinsi Kepulauan Riau berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja di sebelah utara; Malaysia dan provinsi Kalimantan Barat di timur; provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Jambi di selatan; NegaraSingapura, Malaysia dan provinsi Riau di sebelah barat. Provinsi ini termasuk provinsi kepulauan di Indonesia. Secara keseluruhan wilayah Kepulauan Riau terdiri dari 4 kabupaten, dan 2 kota, 47 kecamatan serta 274 kelurahan/desa dengan jumlah 2.408 pulau besar, dan kecil yang 30% belum bernama, dan berpenduduk. Adapun luas wilayahnya sebesar 252.601 km², sekitar 95% merupakan lautan, dan hanya sekitar 5% daratan. Berikut beberapa destinasi wisata yang ada di Provinsi Kepulauan Riau.

Pulau Penyengat

Objek wisata yang pertama yang cukup populer di indonesia adalah pulau penyengat, pulau penyengat adalah salah satu objek wisata yang ada di kepri yang memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Seperti masjid sultan riau yang dibuat dari putih telur, makam-makam para raja, makam dari pahlawan nasional Raja Ali Haji, kompleks Istana Kantor dan dan lain lain. Pokoknya pulau penyengat akan menjadi tempat wisata yang tak terlupakan bagi anda yang mengunjunginya.

Gunung Bintan

Objek wisata yang kedua adalah gunung atau bukit bintan, sebab bukit yang tinggi sering dikatakan gunung leh masyarakat setempat, di gunung bintan ini kita bisa mendaki puncaknya dengan memakan waktu lebih kurang 3 jam. Setelah sampai dipuncak gunung/bukit ini kita akan bisa menyaksikan keindahan pulau bintan yang sangat luas, kepulauan riau memang fenomenal.

Pulau Abang

Pulau abang adalah salah satu objek wisata yang saat ini diprioritaskan oleh pemerintah kota batam, dengan visinya “Visit Batam 2020”. Daya tarik tempat wisata pulau abang ini adalah terumbu karang dan berbagai flora dan faunanya. Konon pulau abang di kepri ini adalah bunaken nya sumatera, sebab pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang mirip dengan bunaken, dengan kekayaan flora dan faunanya.

Pantai Lagoi

Pantai lagoi adalah salah satu destinasi wisata favorit di kepri, pantai lagoi ini juga dikenal sebagai pantai yang mirip dengan pantai kuta bali, selain memiliki keindahan pantai, pantai lagoi memiliki hamparan pasir putih yang luas yang membuat pantai ini semakin sempurna. Oleh sebab itu jangan heran jika pantai lagoi dipenuhi oleh wisatawan asing dari mancanegara, sebab selain memiliki keindahan alam letaknya yang strategis (berdekatan dengan singapura) juga mempengaruhi banyaknya turis di pantai lagoi.

Pantai Trikora

Kemudian objek wisata selanjutnya yang ada di kepulauan riau adalah pantai trikora, pantai trikora berada di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, yang berjarak sekitar 45 kilometer arah timur Kota Tanjung pinang. Di pinggiran pantai ini ditumbuhi pepohonan yang berjajar rapi dengan hamparan pasir putih yang kian menambah kesan mewah di pantai trikora ini, selanjutnya di pantai trikora anda bisa berenang, snorkeling, dll.

Tanjung Senubing

Tanjung Senubing merupakan sebuah nama tempat yang berada dipantai timur Kota Ranai Kabupaten Natuna. Di tempat ini terhampar batu-batuan dengan berbagai bentuk dan ukuran. Jika dilihat dari arah laut terlihat beberapa bebatuan raksaya yang bertumpuk-tumpuk serta menyebar dibeberapa arah. Bebatuan yang juga dikenali oleh penduduk setempat sebagai Batu Sindu ini terdapat sebuah goa di sela-sela bebatuan tersebut. Keberadaan Batu Sindu juga tak luput dari Legenda yang diceritakan turun temurun. Aktifitas wisata yang dapat dilakukan oleh wisatawan di Tanjung Senubing adalah antara lain, kegiatan fotografi pemandangan alam, fotografi modelling maupun pre wedding. Disamping itu juga dapat dilakukan kegiatan trekking dari atas kebawah perbukitan dan menelusuri bebatuan dan goa, aktifitas kayakin atau menaiki sampan kolek khas melayu untung menelusuri pantai disisi perbukitan batu sindu dengan rute dari batu kapal hingga senubing, juga kegiatan duduk santai untuk bercengkrama dan mencari inspirasi lukisan dan tulisan. Dipantai bawah batu sindu juga bisa dilakukan aktifitas berenang di air laut yang jernih berpadu dengan pantai pasir putih yang bersih. Di Lokasi Batu Sindu bisa saja diadakan event seperti lomba fotografi, aktifitas hiking bahkan trekking bagi wisatawan minat khusus.

Pantai Sengiap

Ingin bersantai dipasir putih sembari menyaksikan lautan biru yang menghadap langsung samudera lepas, kunjungi pantai  yang satu ini. Namanya Pantai Sengiap yang secara administrative kewilayahannya, berada dalam kawasan Bunguran Timur Laut. Bentang pantai yang putih berkilau memanjang dari Tanjung Sujung hingga desa Pengadah. Cuaca di pantai ini sangat panas lantaran tidak terdapat pohon rindang di sana. Karan itu sangat disaranakn membawa topi bertepi lebar, sunblock serta upayakan selalu menggunakan t-shirt berbahan katun yang gampang menyereap keringat. Jangan lupa, membawa bekal atau cemilan dan minuman ketika ketempat ini. Jarak pantai Sengiap dari kota Ranai sekitar 25 km dengan waktu tempuh dengan kendaraan darat 1 jam. Salah satu keunikan pantai ini adalah, ketika andan menginjakan anda berjalan di pesisir pantainya, maka pasir putihya berbunyi seperti bunyi bisikan.

Wisata Natuna Pantai Sahi

Pantai Sahi dikenal salah satu pantai yang memiliki garis pantai cantik di Kecamatan Bunguran Timur Laut. Ia juga tersohor karena posisinya berhadapan dengan Pulau Sahi, pulau kecil berbatu yang berjarak hanya beberapa ratus dari garis pantai. Pantai Ini bias ditempuh menggunakan kendaraan mobil dan sepeda motor. Jarak Pantai Sahi dari kota Ranai sekitar 25 km dengan waktu tempuh selama 45 menit. Dari kota Ranai kemudikan saja kendaraan kearah Pantai Tanjung lurus saja hingga akan terlihat pulau kecil berbatu, maka disitulah letak Pantai Sahi. Jika anda juga ingin menuju Pulau Sahi, ketika air laut sedang surut maka anda bias berjalan kaki saja. Keunikan dari Pulau Sahi ini adalah karena posisinya yang dekat denga bibir pantai dan pantainyapun benar-benar masih alami dan lautnyapun sangat bersih hingga cocok bagi anda untuk snorkeling.Pulau Sahi sendir tergolong pulau kecil, luasnya sekitar 1 hektar dengan tinggi sekitar 40 meter.

Alif Stone Park

Alif Stone Park adalah taman berbatu yang terletak ditepi pantai Desa Sepempang. Sebuah contoh konkrit, destinasi wisata yang memadukan unsur pantai berpasir, air yang jernih dengan hamparan batu granit raksasa. Sang pengelola memang telah melakukan sejumlah polesan atau penambahan structural disejumlah titik, namun tak sedikitpun mengurangi keindahan tempat ini. Apalagi seluruh bebatuan yang berukuran besar, tetap dibiarkan berada diposisi awalnya. Rangkain jembatan yang menghubung antar batu ke batu, menambah keindahan dan kenyamanan ketika anda berada di sana. Tersedia tempat bersantai di setiap batu besar, hingga anda bisa menyaksikan sunset ketika sore hari.

Pantai Batu Kasah/Pantai Cemaga

Pantai Batu Kasah adalah salah satu pantai terbaikyang wajib anda jadikan listing bila berkunjung ke Natuna. Pantai ini terletak di Kecamatan Bunguran Selatan. Bentangnya mencapai radius tidak kurang dari 5 km. Hampir seluruh permukaan pantainya diselimuti dengan pasir putih. Dari bibir pantai hingga tepian batas air laut ketika pasang, bentangnya mencapai 10-15 meter. Sementara sisi darat, berdiri ribuan pohon kelapa tinggi menjulang, jadi pagar hidup yang memelok wajah pantai ini. Selain cantik, kealamiannya masih terjaga. Airnya sangat jernih, sehingga menraik siapa saja untuk nberlekas-lekas menceburkan diri, bermain-main di sana apabila sudah menapakinya. Selain pasir putih dan air jernih, disana juga terdapat ribuan susunan batu granit yang memiliki berbagai macam bentuk, bulat, lonjong, segitiga dan sebagainya. Apa yang dikata orang tentang Batu Kasah memang benar adanya bila anda seudah menapaki sendiri kawasan ini. Pantai batu kasah juga menjadi lokasi memancing, hingga ketika orang-orang berdatangan ke sana selalu membawa alat pancing. Jumlah yang begitu banyak dibawah air laut, memudahkan bagi pemancing untuk mendapatkannya. Bagi anda yang tertarik dengan aktivitas mancing. Cukup sewa saja kapal motor masyarakat sekitar. Pantai Batu Kasah dapat ditempuh dari kota Ranai dengan menggunakan kendaraan darat dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Kemudian kondisi jalanpun sudah sangat bagus.

Pulau Senua

Inilah pulau eksotis nan elok, berpasir putih dan berair jernih. Surga bagi bertumbuhnya terumbu karang dan rupa-rupa ikan serta aneka biota laut lainnya. Secara administratif, Pulau ini menyimpan legenda turun temurun yang tetap dipercayai hingga kini. Konon kisahnya, Pulau Senua adalah penjelmaan dari seorang perempuan yang sedang hamil bernama Mai Lamah. Dalam bahasa setempat, kata “senua” berasosiasi pada tubuh berbadan dua. Sebab itulah tak heran kalau pulau ini terlihat memiliki bentuk laiknya perempuan berbaring yang tengah berbadan dua.

Batu Sindu

Batu Sindu merupakan sebuah nama tempat yang berada dipantai timur Kota Ranai. Disana terdapat batu-batuan dengan berbagai bentuk dan ukuran. Apabila dilihat dari puncak menara suar bentuknya adalah berupa hamparan batu yang seperti tersusun harmonis dan sangat indah dipandang mata dari ketinggian. Jika dilihat dari arah laut terlihat beberapa bebatuan raksaya yang bertumpuk-tumpuk serta menyebar dibeberapa arah dan juga terdapat sebuah goa di sela-sela bebatuan tersebut. Keberadaan Batu Sindu juga tak luput dari Legenda yang diceritakan turun temurun.

Pantai Sisi

Kabupaten Natuna memiliki unggulan objek wisata bahari. Salah satunya wisata pantai yang dikenal dengan nama Pantai Sisi yang terletak di Kecamatan Serasan yaitu bagian dari wilayah Kabupaten Natuna. Karena keaslian dan keindahannya, Pantai Sisi di Serasan Pernah di nobatkan sebagai salah satu pantai alami yang terbaik di dunia (Best Undiscovered Beach) versi majalah Islands, edisi September 2006. Bentuk pasir putih dan kasar tidak menyebabkan pakaian kotor jika pengunjung duduk bahkan berbaring di sana. Permukaan laut yang bersih dan indah menjadi daya tarik utama destinasi pantai sisi ini. Pantai ini juga dikunjungi oleh masyarakat lokal.Di depan pantai ini terdapat pulau-pulau kecil yang di hiasi dengn laut biru.

Cari Hotel Murah ? Diskon hingga 70%