Kalimantan Utara

BUKANBIKIN – Kalimantan Utara adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara tetangga, yaitu Negara Bagian Sabah dan Serawak, Malaysia Timur.

Saat ini, Kalimantan Utara merupakan provinsi termuda Indonesia, resmi disahkan menjadi provinsi dalam rapat paripurna DPR pada tanggal 25 Oktober 2012.

Berikut beberapa destinasi wisata yang berada di Provinsi Kalimantan Utara.

1. Pantai Amal

Senja di Pantai Amal Tarakan

Untuk wisata alam di kota Tarakan, anda dapat mengunjungi Pantai Amal yang berada di Desa Pantai Amal, kecamatan Tarakan Timur. Di Pantai ini ada dua anakan pantai yaitu pantai Amal Lama dan juga pantai Amal Baru. Bagi anda yang suka mengisi liburan dengan pergi ke pantai, pantai Amal ini dapat menjadi alternatif pilihan anda dan keluarga. Suasana khas pantai, pemandangan alam yang indah, ditemani dengan pohon kelapa serta air laut yang biru akan menjadi teman anda selama anda di pantai Amal.

2. Museum Rumah Bundar

Museum Rumah Bundar Tarakan

Museum Rumah Bundar dapat menjadi salah satu tujuan wisata budaya yang unik saat anda mengunjungi kota Tarakan. Seperti namanya Rumah Bundar, di mana atap dari bangunan museum tersebut berbentuk setengah lingkaran. Di tempat ini anda dapat melihat beberapa barang peninggalan sejarah pada jaman Jepang dan juga Belanda. Museum Rumah Bundar ini terletak di di Jalan Danau Jempang, atau berada tepat di samping Gedung DPRD.

3. Penangkaran Buaya Juwata

Penangkaran Buaya Juwata Tarakan

Untuk tempat wisata yang satu ini memang sudah banyak dikenal orang dan penduduk setempat. Salah satu tempat wisata unggulan di Tarakan ini memiliki koleksi beberapa jenis buaya yang berasal dari beberapa daerah di Kalimantan. Tempat wisata ini berdiri di atas lahan seluas 5 hektar dan didirikan sejak tahun 1991. Jika anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, anda dapat mencarinya di desa Karang Harapan, Tarakan Barat. Ada 3 jenis buaya yang ditangkarkan di sini yaitu buaya supit, buaya air tawar dan juga buaya muara.

4. Wana Wisata Persemaian

Wana Wisata Persemaian Tarakan

Bagi anda yang ingin datang ke tempat wisata ini, anda dapat melihat beberapa jenis tumbuhan yang berada di bawah pengelolaan Inhutani kota Tarakan. Selain tumbuhan, anda juga dapat melihat beberapa jenis binatang yang hidup bebas di tempat ini.

 

 

5. Grand Tarakan Mall

Grand Tarakan Mall Tarakan

Bagi anda yang suka berbelanja atau hobi shoping, jangan lewatkan untuk mengunjungi satu pusat perbelanjaan di Kota Tarakan yaitu Grand Tarakan Mall. Mall ini menjadi satu-satunya mall terbesar yang ada di Kalimantan Utara. Di dalam Grand Tarakan Mall bisa anda jumpai banyak toko dan department store yang menyajikan barang bermacam-macam. Beberapa restoran dan hotel pastinya tersedia di tempat ini. Ada juga THM Plaza yang lokasinya tepat berada di depan Grand Tarakan Mall.

Cari Hotel Murah ? Diskon hingga 70%