Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Akses Priok


BUKANBIKIN, Jakarta – Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Jalan Tol Akses Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara yang akan memperlancar arus keluar masuk barang dari dan ke pelabuhan.

“Saya masih ingat waktu jadi Gubernur DKI, ini mundur dua tahun karena masalah pembebasan lahan,” kata Presiden dalam sambutan saat meresmikan pengoperasian jalan tol layang itu di Jakarta, Sabtu.

Presiden menyebutkan setelah “turun” beberapa kali ke lokasi proyek itu, akhirnya masalah pembebasan lahan dapat diselesaikan.

Pembangunan jalan tol itu juga terkendala adanya kesalahan struktur sehingga harus diulang dari awal.

“Ada kesalahan struktur, ada 69 tiang, yang harus dipotong dengan tiang yang benar agar bisa dimulai lagi sehingga harus mundur 5-6 tahun,” katanya.

Peresmian pengoperasian jalan tol itu ditandai penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti, oleh Presiden Jokowi.

Ia berharap beroperasinya kapal besar di Palabuhan Tanjung Priok meningkatkan daya saing Indonesia dan mengurangi biaya transportasi. “Kita harapkan arus keluar masuk barang di pelabuhan dapat berlangsung cepat,” katanya.

“Sebentar lagi atau pekan depan, akan ada kapal besar berukuran 10.000 TEUs (twenty feet equivalent unit) yang masuk ke Tanjung Priok,” kata Presiden Jokowi ketika meresmikan operasi Jalan Tol Akses Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara, Sabtu.

Presiden Jokowi mengharapkan semua kontainer tujuan Indonesia tidak perlu lagi transit di Singapura, tapi langsung ke Tanjung Priok, dan berharap barang-barang masuk ke Indonesia, sebelum disebar ke seluruh Tanah Air atau sebaliknya, dikumpulkan dahulu di Tanjung Priok.

Jalan Tol Akses Tanjung Priok sepanjang 11,4 km merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR).

Jalan tol itu menyediakan akses intermoda darat, laut dan kereta api yang terintegrasi dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok.

Pembangunan Jalan tol tersebut dibiayai Pemerintah Jepang sebesar Rp4,1 triliun melalui JICA. Pembangunan jalan tol akses Priok dimulai 2003, kemudian terhenti beberapa tahun, dan akhirnya dimulai kembali pada 2008.

Selama sebulan ke depan, operator jalan tol itu membebaskan biaya tol kepada penggunanya.

Iklan

Tentang Bukan Bikin

Informasi, Trend, Inovatif
Pos ini dipublikasikan di Ekonomi dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s