LRT Jabodebek Beroperasi Pertengahan 2019


stasiun_lrt_cawangBUKANBIKIN, Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah melaksanakan penandatangan kontrak pelaksanaan pembangunan prasarana kereta api ringat (Light Rail Transit/LRT) terintegrasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek). Adapun nilai kontrak tersebut sebesar Rp23,3 triliun.

Dalam kontrak disebutkan bahwa LRT Jabodebek tahap I dengan jalur Cawang-Cibubur, Cawang-Bekasi Timur, dan Cawang-Dukuh Atas beroperasi pada pertengahan 2019.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Prasetyo Boeditjahjono menegaskan, bahwa jalur yang beroperasi itu semuanya. Artinya prasarana dan sarana sudah operasional.

“Bedanya jalan tol dengan kereta api. Kereta api tidak bisa ngomong prasarana atau jalannya saja. Tapi selain itu ada juga sarananya, jadi tidak bisa prasaran selesai itu bisa dikatakan selesai pekerjananya. Pertengahan 2019 itu benar-benar sudah beroperasi,” tuturnya, di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (10/2/2017).

Dalam penugasan pengerjaan prasarana dikerjakan oleh Adhi Karya dan sarana dikerjakan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Menurut Prasetyo, diperlukan sinergi antara KAI dan Adhi Karya dalam penyelesaian LRT Jabodebek agar bisa operasi pada pertengah 2019.

“Walaupun dalam penugasan ini dia hanya menyelesaikan prasarana, sarananya diselesaikan temen-temen KAI dan bisa bekerjsanma dengan badan usaha lain, tapi dalam pengerjaannya harus dikerjasamakan bersama,” ujarnya.

Terkait dengan sarana LRT, Prasetyo mengatakan, pembiayaan LRT dalam Perpres Nomor 98 Tahun 2015 dan Perpres Nomor 65 Tahun 2016 tidak menyertakan sarana dibiayai oleh APBN. Namun diserahkan kepada operator penugasan yakni KAI.

“Jadi sarana bukan porsi pemerintah,” ujarnya.

Iklan

Tentang Bukan Bikin

Informasi, Trend, Inovatif
Pos ini dipublikasikan di Ekonomi dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s