Hasil Kongres Tahunan PSSI 2017


kongres-tahunan-pssi-2017BUKANBIKIN, Bandung – Kongres Tahunan PSSI 2017 di Hotel Aryaduta Bandung, Minggu 8 Januari 2017 sudah rampung digelar. Beberapa keputusan penting lahir dalam kongres perdana kepengurusan PSSI periode 2016-2020.

Kongres berjalan dengan lancar, tertib, dan terbilang usai dalam waktu cepat. Dimulai pukul 08.00 WIB, kongres kemudian ditutup sekitar pukul 12.00. Ada beberapa hal penting yang dihasilkan dalam kongres perdana PSSI di bawah kepemimpinan Letjen TNI Edy Rahmayadi.

Berikut rangkuman hasil Kongres Tahunan PSSI 2017.

  1. Menerimaan permohonan tujuh klub bermasalah untuk bisa kembali berkiprah dalam kompetisi resmi PSSI. Persebaya Surabaya akan bermain di Divisi Utama musim depan, sementara enam klub lain yakni Arema Indonesia, Persewangi Banyuwangi, Persibo Bojonegoro, Lampung FC, dan Persema Malang, akan berkiprah di Liga Nusantara.
  2. Menerima permohonan pengampunan sanksi perorangan. Adapun beberapa nama yang diterima permohonannya adalah, mantan Ketum PSSI, Djohar Arifin Husin dan Sihar Sitorus.
  3. Asosiasi pemain nantinya hanya akan berperan sebagai mitra, tanpa memiliki hak suara dalam Kongres PSSI. Seperti yang diketahui, sebelumnya ada dua badan yang mengklaim diri sebagai asosiasi resmi yang diakui PSSI yakni APPI dan ASPNI.
  4. PSSI mengumumkan susunan anggota tiga komisi yakni: Komisi Etika, Komisi Banding, dan Komisi Disiplin. Untuk Komisi Etika ada nama Dodik Wijanarko sebagai ketua, dan Zarof Ricar sebagai wakil. Di Komisi Banding, pengacara senior, Todung Mulya Lubis akan menjabat sebagai Ketua Komisi Banding dan di posisi wakil, ada nama Ade Prima Syarif. Untuk Komisi Disiplin, posisi ketua ditempati oleh Asep Edwin, dan Husin Umar sebagai wakilnya.
  5. PSSI membagi kompetisi ke dalam tiga kasta, Indonesia Super League (ISL), Divisi Utama, dan Liga Nusantara. Untuk ISL, kompetisi tetap akan menggunakan sistem satu wilayah. Untuk Divisi Utama, kompetisi akan diikuti 32 tim dibagi ke dalam tiga zona. Untuk ISL, kompetisi kasta tertinggi akan dimulai tanggal 26 Maret 2017. Sementara Divisi Utama dan Liga Nusantara akan digelar sekitar bulan Maret 2017 juga.

Setelah kongres usai, para voters berikut pengurus PSSI masih akan melakukan pertemuan, guna membahas masalah gelaran kompetisi.

Iklan

Tentang Bukan Bikin

Informasi, Trend, Inovatif
Pos ini dipublikasikan di Sepak Bola dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s