Kaus Timnas Inggris “Made in Indonesia”


BUKANBIKIN, London – Jersey tim nasional Inggris dipermasalahkan. Kali ini timnas Inggris akan mengenakan kaus buatan Nike untuk berlaga di Piala Eropa 2016. Kaus timnas tersebut rupanya dibuat di pabrik yang ada di Semarang, Jawa Tengah. Yang dipermasalahkan adalah harga kaus itu tak sebanding dengan upah buruh pabrik pembuatnya.

Jersey timnas yang akan digunakan Wayne Rooney cs, dari hasil investigasi The Suns dan Daily Mail, dianggap tak sebanding dengan upah buruh di PT Grand Best Indonesia, yang memproduksi kaus timnas Inggris. Upah buruhnya 165 pound sterling atau setara Rp 3,1 juta per bulan. Padahal harga jersey itu mencapai 60 pound sterling atau sekitar Rp 1,1 juta per lembar.

Untuk satu set seragam dibanderol dengan harga sekitar Rp 1,9 juta. Adapun satu set jersey dalam ukuran anak-anak harganya Rp 1,6 juta. Menurut Daily Mail, harga kaus itu terlalu mahal. Sebab, harga yang dijual secara resmi itu nilainya empat kali lipat dari ongkos produksinya. “Buruh yang menjahit jersey Wayne Rooney upahnya terlalu murah untuk sebuah kostum yang dipakai kapten Inggris,” tulis Dailly mail.

Lebih miris lagi, The Suns menyebutkan upah buruh tersebut tak lebih besar dari bayaran Rooney dalam sepuluh menit bermain bola.

Namun, seorang pekerja di PT Grand Best Indonesia, Karina, mengatakan upah yang dia terima per bulan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. “Di Indonesia, dengan uang sejumlah itu bisa membeli televisi atau sepeda untuk anak pergi ke sekolah,” katanya.

Tak hanya timnas Inggris, Nike resmi meluncurkan seragam baru untuk sejumlah timnas yang tampil di Piala Eropa 2016, antara lain Prancis, Kroasia, Portugal, Polandia, Yunani, dan Turki. Semua kostum produksi Nike menggunakan template Nike Vapor Jersey. Kostum gres untuk Inggris tampil kandang akan tetap berwarna putih. Ada perubahan mencolok pada bagian lengan dengan garis-garis kecil biru muda dan aksen di kerah. Sedang untuk tandang, berwarna merah dengan maroon di bagian lengan dan garis biru pada kerah.

Tentang Bukan Bikin

Informasi, Trend, Inovatif
Pos ini dipublikasikan di Ekonomi, Sepak Bola dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s