Ihsan Maulana Gagal Melaju Ke Final BCA Indonesia Open 2016


BUKANBIKIN, Jakarta – Satu-satunya pebulutangkis Indonesia yang tersisa di ajang Indonesia Terbuka 2016, Ihsan Ihsan Maulana Mustofa, takluk di tangan unggulan Malaysia Lee Chong Wei dalam laga semifinal di Stadion Istora Senayan, Jakarta, Sabtu.

Ihsan kalah dalam dua game langsung 9-21, 18-21 dalam pertandingan putaran empat besar turnamen tingkat super series premier itu selama 39 menit.

Pertandingan semifinal itu adalah pertemuan pertama tunggal muda Indonesia berusia 20 tahun dengan pemain peringkat dua dunia.

Chong Wei membuka serangan dengan smes silang pada game pertama. Beberapa kali Ihsan mencoba permainan reli-reli panjang, tapi bola pemain asal klub Djarum Kudus itu justru sering keluar garis kanan-kiri lapangan. Ihsan tertinggal 2-8 meskipun sempat imbang 1-1, 2-2 pada game pertama.

Pemain Negeri Jiran berusia 33 tahun itu tidak banyak melangkah di sisi lapangannya dan hanya sesekali bergerak ke depan dan belakang untuk mengambil bola-bola serangan Ihsan. Chong Wei terus melaju 11-3, 14-4 setelah melesatkan smes tajam berulang kali.

Ihsan, yang asal Tasikmalaya, sempat menambah dua poin menjadi 6-14 meski menguntungkan lawan dengan kesalahan servis saat 4-12. Bola-bola Ihsan yang sering membentur net menempatkan Chong Wei terus di atas angin 15-6, 17-7, 19-9. Bola mentah Ihsan di atas bibir net langsung disambar Chong Wei dan wakil Malaysia itu merebut game pertama 21-9.

Atlet pelatnas Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia itu berusaha melakukan perlawanan pada game kedua dan lima kali mengimbangi poin Chong Wei.

Datuk, gelar untuk Chong Wei, kembali dengan serangan-serangan tajam dan menyilang. Dia dapat memaksa Ihsan pontang-panting di seluruh sisi lapangan. Skor 4-1, 5-2, 6-4, dan 7-5 untuk Chong Wei.

Pemain peraih medali perak Olimpiade 2008 dan 2012 itu dengan mudah mengembalikan smes Ihsan. Tapi, Chong Wei sempat mengajukan “challange” atas bola Ihsan. Atlet Merah-Putih itu mengambil peluang dengan dua kali smes persis ke arah Chong Wei dan meraih satu poin jadi 6-7. Bola Ihsan yang dilepas atlet Malaysia menambah kedudukan Ihsan menjadi 8-7.

Selepas mendapatkan kepercayaan diri, Ihsan tertinggal 9-11 akibat serangan Chong Wei. Padahal pertahanan Ihsan tampak penuh dari sisi kanan-kiri belakang lapangan.

Ihsan pun berhasil mengembalikan serangan depan net Chong Wei yang tajam. Pengembalian itu sukses memaksa lawannya untuk membuang bola di sisi kanan Ihsan. Skor menjadi 12-13 untuk Indonesia pada game kedua.

Sempat unggul 16-15 dan 17-15 setelah Chong Wei gagal mengembalikan serangan, Ihsan terkejar jadi 17-16 dan 17-17. Dua kali Ihsan terjauh saat bermain reli-reli dengan salah satu pemain legenda bulu tangkis dunia itu. Sayang, bola Ihsan keluar saat mengembalikan serangan Chong Wei.

Ihsan kembali melihat peluang bola mentah dan melakukan smes dua kali sembari melangkah mendekati net, tapi bolanya keluar. Skor jadi 17-19 untuk pemain Indonesia.

Bola smes Chong Wei sempat keluar pada poin-poin kritis itu dan menambah satu poin Ihsan 18-19. Hanya saja, Ihsan dua kali melepaskan bolanya keluar garis dan mengakhiri permainan 18-21.

Meskipun kalah, pencapaian Ihsan pada putaran semifinal turnamen berhadiah total 900 ribu dolar AS itu merupakan pencapaian terbaik atlet muda sektor tunggal muda Merah-Putih itu pada turnamen tingkat superseries premier.

Sementara, Lee Chong Wei akan melangkah ke putaran final dan menunggu pemenang pertandingan antara tunggal putra Denmark Jan O Jorgensen dengan atlet Tiongkok Tian Houwei.

Tentang Bukan Bikin

Informasi, Trend, Inovatif
Pos ini dipublikasikan di Badminton dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s