The Jakarta 12th Toys & Comics Fair 2016


BUKANBIKIN, Jakarta – The Jakarta 12th Toys & Comics Fair 2016 kembali hadir. SACCA Production yang turut menyelenggarakan ajang tersebut menyuguhkan 250 gerai peserta pameran mulai dari para kolektor, komunitas hobi, distributor, games retails, hingga supplier skala internasional.

Tak hanya menyuguhkan koleksi dan aksi cosplay, The Jakarta 12th Toys & Comics Fair 2016 juga dipadati oleh area Lego untuk Dunia Bricks-nya yang menyajikan diorama Lego dari ragam versi dan tipe yang mendapat dukungan dari Legoland Malaysia.

Ajang komunitas para pecinta mainan dan komik tersebut berhelat di Balai Kartini Jakarta yang diselenggarakan pada tanggal 5-6 Maret 2016.

Riza Satyagraha selaku Promotor acara dari SACCA Production mengatakan bahwa ajang ini selalu berupaya memberikan kesegaran dan kebaruan industri kreatif mainan dan komik di Indonesia.

“Acara yang bertaraf internasional ini menjadi pemicu semangat kreatorr-kreator lokal agar berani tampil menuangkan karya mereka sehingga industri kreatif anak negeri bisa terus bersaing secara kualitas di skala internasional,” ujar Riza di Balai Kartini Jakarta, Sabtu (5/3).

Salah satu booth yang turut meramaikan ajang Jakarta Toys and Comics Fair 2016 adalah GoodGuysNeverWin Toys. Di mana konten dari booth itu sendiri adalah beberapa miniatur figure dari beberapa tokoh legend, budayawan Indonesia, maupun tokoh serial yang unik dan menghibur pengunjung.

Termasuk tokoh yang dianggap horor pun ada di dalamnya. Seperti kuntilanak dan pocong.

Sedangkan tokoh legend yang dimaksud seperti Dono WARKOP DKI dengan sebutan figurenya ‘Warstar’ (warkop superstar), lalu tokoh budayawan Indonesia seperti (mirip) Pak Raden. Lainnya adalah tokoh masyarakat yang dinilai bisa dijadikan sebagai penghibur namun tetap ada nilai positif di dalamnya yakni bocah di bawah umur yang sudah merokok karena pengaruh lingkungannya, dan figure tersebut diplesetkan dengan nama ‘perokok sejati’.

Pak Cipta, salah seorang creator dari booth tersebut mengatakan bahwa boothnya sudah sering ikut meramaikan di setiap acara Jakarta Toys and Comics Fair ini sejak pertama di tahun 2005. “Kita sudah mengikuti ajang ini sejak tahun 2005, dimana ajang ini pertama kali digelar. Dan ini untuk ke-12 kalinya kami mengikuti ajang Jakarta Toys and Comics Fair 2016,” ucapnya.

Menurutnya, SACCA Production selalu ramai dan paling unggul setiap menyelenggarakan event. “Event ini paling besar dan paling bagus untuk promosi, banyak mendatangkan fans baru maupun yang lama, jadi ini bagus sekali menurut saya untuk promo sale kita,” tuturnya lagi.

Karakter-karakter yang sekarang diangkat bukan hanya karakter antagonis, tetapi sudah merambah ke karakter protagonis juga, dan GGNW mengangkat ikon-ikonik dari budaya Indonesia dari dulu sampai sekarang, dari yang fiktif maupun non-fiktif.

Lalu karakter apa sajakah yang paling laris maupun paling diminati para pengunjung?
Cipta menjawab bahwa karakter yang paling banyak diminati adalah GO-JEK, bahkan sampai motor-motornya pun ikut laris. Sedangkan karakter Sang Pendongeng (yang dibuat mirip sosok Pak Raden) yang paling laris dicari pengunjung hari ini.

Dirinya tidak menyebut langsung Pak Raden pada sosok figure yang memang orang-orang saat itupun memandang demikian, menyebut dan mengira bahwa itu adalah sosok figure Pak Raden. Melainkan ia menyebutnya sebagai Sang Pendongeng. “Kita sebut sebagai “Sang Pendongeng” dan kita tidak mengaku bahwa ini adalah Pak Raden. Jadi sebenarnya kita sudah minta izin untuk membuat figure seorang Pak Raden, tapi secara resmi masih informal. Makanya kita tidak memakai nama ‘Pak Raden’ namun memakai nama ‘Sang Pendongeng’,” tegasnya dalam ajang pameran tersebut di Balai Kartini Jakarta, Sabtu (5/3).

Namun ketika ditelusuri satu persatu, ternyata ada juga karakter dari figur seorang Gusdur namun ia tampak beda dari yang lain, yakni figure dalam bentuk glow in the dark. Figure tersebut merupakan sisa dari 2 tahun lalu.

“Untuk semua figure kita dari nomor 1-300 ada yang glow in the dark. Namun kebetulan hanya ini yang tersisa. Yakni sosok seorang Gusdur,” ucap Cipta.

Lazada Indonesia

Tentang Bukan Bikin

Informasi, Trend, Inovatif
Pos ini dipublikasikan di Festivals & Events dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s