9 Software Antivirus Karya Anak Bangsa


Lazada Indonesia

BUKANBIKIN – Pernahkah Anda mendengar nama trojan atau malware. Ya, kedua nama itu adalah virus yang paling sering ditemukan pada perangkat komputer atau laptop. Cara memberangus virus komputer itu ialah dengan cara menginstal ulang operating system(OS) atau melengkapi perangkat komputer tersebut dengan pengaman berupa antivirus.

Beberapa antivirus buatan anak bangsa diantaranya telah mendapat pengakuan dunia. Berikut ulasannya sebagaimana dikutip dari boombastis.com :

1. PC Media Antivirus (PCMAV)

PC Media Antivirus (PCMAV) adalah salah satu antivirus buatan lokal yang cukup populer dan digemari tidak hanya oleh orang Indonesia saja, melainkan juga sudah merambah ke luar negeri. Kehebatannya di dalam database PCMAV, masing-masing virus yang terdeteksi akan dibasmi dengan cara tersendiri.

Pemusnahan virus tersebut tidak dilakukan serampangan sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan sistem, file atau dokumen penting setelah antivirus ini melakukanscanning.

2. SmadAV

SmadAV juga termasuk antivirus buatan lokal yang dapat diunduh (download) secara gratis. Kehebatan antivirus SmadAV adalah mampu beroperasi bersamaan walaupun di dalam PC/laptop sudah terdapat antivitus lainnya, tanpa membuat perangkat menjadi berat. Ia juga handal untuk digunakan sebagai penghapus virus-virus yang terbawa dan bermuara di dalam flashdisk. Adapun proses scanning virus terbilang sangat cepat tanpa membuatmemory banyak terpangkas.

3. ANSAV Antivirus

Satu lagi software antivirus buatan lokal yang patut diandalkan. Ia adalah Ansav Antivirus yang juga tak kalah hebat dari dua program penghapus virus sebelumnya. Ansav Antivirus berisi fasilitas menarik yang dapat diatur dengan leluasa dan mudah. Kelebihannya, ia memiliki ukuran kecil dan tidak butuh tempat besar ketika diinstal ke dalam PC atau laptop. Antivirus ini juga menjadi salah satu kompetitor terdekat PCMAV dan SmadAV.

4. Blue Atom Antivirus

Blue Atom Antivirus adalah program penghapus virus, trojan dan malware yang dibuat seorang anak kelas XI E SMP di Surabaya, Jawa Timur bernama Alvin Leonardo (14). Hebatnya, antivirus buatannya tersebut mendapatkan verifikasi 100 persen clean dari Softpedia.com pada tanggal 19 Oktober 2009 silam.

Yang lebih mengagumkan, Alvin belajar secara otodidak dan mempelajari tiga bahasa pemrograman sekaligus yaitu Visual Basic, C#, dan Assembler (ASMX 86).

5. Artav Antivirus

Artav Antivirus diciptakan oleh dua pemuda asal Kota Bandung, Jawa Barat yakni Taufik Aditya Utama (23) selaku desainer dan Arrival Dwi Sentosa (18) sebagai programmer. Antivirus ini dapat diandalkan ketika PC atau laptop Anda bermasalah karena terserang virus atau malware. Software ini telah menyabet empat penghargaan baik dari perusahaan atau media internasional.

6. Avigen Antivirus

Avigen Antivirus juga software buatan lokal yang selain sebagai antivirus, ia juga dapat mengatasi file-file yang terinfeksi virus yang umumnya disebarkan oleh para peretas ‘nakal’ seperti worm, hacktool, exploit script, serta trojan horse.

Fasilitas lain yang terdapat pada Avigen Antivirus di antaranya registry tweak, scan running process, process viewer maupun scan autorun location. Ia juga telah mengantongi sertifikasi 100 persen clean dari Softpedia.com

7. Codenesia Malware Cleaner (CMC)

CMC merupakan software antivirus lokal yang memiliki kualitas mumpuni untuk mengatasi segala macam virus atau malware buatan dalam atau luar negeri. Proses scanning dengan tingkat akurasi yang tinggi, menjadikan CMC cukup ampuh untuk dijadikan “benteng” penjaga perangkat komputer atau laptop Anda.

8. Elkav Antivirus

Elkav Antivirus merupakan antivirus lokal yang berstatus tak berbayar atau freeware dan lebih menitikberatkan untuk mengatasi virus-virus lokal. Antivirus ini akan melakukan fast scanning yang akurat dan tidak sembarangan mengidentifikasi file serta di dalam databasenya terdapat banyak sekali varian-varian virus.

9. Gucup Antivirus (GAV)

Gucup Antivirus (GAV) diciptakan oleh Yusuf Theretsa Patiku seorang mahasiswa Program Studi Teknik Informatika, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Seperti halnya Blue Atom Antivirus, Softpedia juga telah memberikan sertifikasi 100 persen clean untuk antivirus satu ini. Dalam membuatnya, Yusuf menggunakan Microsoft Visual Studio Net 2003 dengan bahasa pemrograman C#.

Tentang Bukan Bikin

Informasi, Trend, Inovatif
Pos ini dipublikasikan di Techno dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s