Daftar Pemenang Ballon d`Or 2015


Lazada Indonesia

BUKANBIKIN, Zurich – Penganugerahan Ballon d`Or 2015 telah berlangsung di Zurich, Swiss, Senin malam, 11 Januari 2016 waktu setempat, atau Selasa, 12 Januari 2016 Pukul 00.30-02.00 WIB. Duet komedian James Nesbitt dan presenter olahraga Kate Abdo memandu acara ini.

Mereka memanggil para nominator pesepakbola terbaik dunia menaiki panggung. Di antaranya Cristiano Ronaldo, Neymar, dan Lionel Messi. Mereka juga didampingi kandidat pesepakbola wanita terbaik, yakni Carli Lloyd, Celia Sasic, dan Aya Miyama.

Sebelum memulai bertanya, James dan Kate mengajak mereka berfoto wefie. “Go! Thank you, God!” Seru James Nesbitt setelah mengeklik kamera ponselnya. Acara pun berlangsung dengan pengantar nominator, pemutaran video, hingga pengumuman peraih gelar Ballon d’Or.

Diawali dengan tim terbaik dunia 2015. FIFA menyematkan pada sebelas pesepakbola sebagai FIFA FIFPro World XI Award 2015. Mereka adalah pemain bertahan Dani Alves dari tim Barcelona, Sergio Ramos (Real Madrid), Thiago Silva (Paris Saint-Germain), dan Marcelo Vieira (Real Madrid).

Pemain tengah di antaranya Luka Modric (Real Madrid), Andreas Iniesta (Barcelona), dan Paul Pogba (Juventus). Para penyerang adalah nominator pemain terbaik. Yakni Neymar (Barcelona), Cristiano Ronaldo (Real Madrid), dan Lionel Messi (Barcelona). Satu-satunya pemain yang tak hadir dalam penganugerahan ini adalah penjaga gawang Manuel Neuer dari Bayern Munchen.

Mantan pemain Chelsea yang kini bermain di Sampdoria, Samuel Eto’o didaulat menyerahkan piala kepada anggota FIFA FIFPro World XI Award 2015. Tak seperti saat di lapangan, semuanya memakai jas hitam dan dasi kupu-kupu.

Sementara itu, pelatih terbaik 2015 diraih oleh pelatih klub Barcelona, Luis Enrique. Ia mengalahkan dua pesaingnya, Pep Guardiola (Bayern Munchen) dan Jorge Sampaoli (tim nasional Cili). Luis yang tak bisa hadir dalam ajang tersebut, diwakili oleh rekan manajer timnya, Robert Fernandez.

Jill Ellis dari tim Amerika Serikat, terpilih menjadi pelatih terbaik untuk sepakbola wanita. Ia menggeser dua pelatih, Mark Sampson (tim nasional sepakbola wanita Inggris) dan Norio Sasaki (Jepang). “Terima kasih atas kepercayaan kepada saya,” kata Ellis kepada FIFA.

Gol terbaik diberikan kepada Wendell Lira (Vila Nova), saat timnya melawan Atletico Goianiense. Gol Wendell Lira itu berhasil mengalahkan Alessandro Florenzi (AS Roma) dan Messi. FIFA juga memberikan penghargaan fair play award. Yakni kepada gelandang kelahiran Ghana yang pernah bermain untuk tim nasional Jerman, Gerald Asamoah.

Lalu, pemain sepakbola wanita terbaik 2015 ditujukan untuk Carli Lloyd, gelandang tim nasional sepakbola wanita Amerika Serikat. Ia menyingkirkan dua nominator lainnya, Celia Sasic (Jerman) dan Aya Miyama (Jepang). Carli yang bergaun merah itu sempat terharu.

Ballon d`Or 2015 menjadi milik Lionel Messi setelah Ricardo Kaka membacakan pengumumannya. Messi langsung berdiri dan mengecup kekasihnya, Antonella Roccuzzo. Ia juga menyalami dua nominator yang duduk di sampingnya, Neymar dan Cristiano Ronaldo. Setelah menerima piala dari Kaka, ia menatap piala bola berwarna emas itu.

“Ini adalah momen yang spesial bagi saya,” ujar Messi. Untuk kelima kalinya ia menerima penghargaan itu. Penyerang asal Argentina ini berjasa membawa Barcelona menjuarai lima kompetisi sepanjang 2015. Di antaranya Liga Spanyol, Copa del Rey, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Berikut daftar para pemenang

  • Pemain terbaik: Lionel Messi
  • Pemain wanita terbaik: Carli Lloyd
  • Pelatih terbaik: Luis Enrique
  • Pelatih wanita terbaik: Jill Ellis
  • Gol terbaik (Puskas Award): Wendell Lira
  • Fair Play Award: Gerald Asamoah
  • Tim terbaik (FIFA FIFPro World XI Award): Belakang; Dani Alves, Sergio Ramos, Thiago Silva, dan Marcelo Vieira. Tengah; Luka Modric, Andreas Iniesta, dan Paul Pogba. Depan: Neymar, Cristiano Ronaldo, dan Lionel Messi. Penjaga gawang Manuel Neuer.

Lazada Indonesia

Tentang Bukan Bikin

Informasi, Trend, Inovatif
Pos ini dipublikasikan di Sepak Bola dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s