Kadar Karbon Dioksida (CO2) di 2015 Catat Rekor Tertinggi


BUKANBIKIN, Geneva – Emisi gas rumah kaca mencapai titik tertinggi pada 2015. Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) memperingatkan bahwa kenaikan temperatur dunia akan terus terjadi dari tahun ke tahun.

“Setiap tahun kita mengatakan ini adalah batasnya. Kita harus beraksi saat ini juga untuk memangkas emisi karbon dioksida jika kita ingin kenaikan suhu terkendali,” demikian ujar Sekjen WMO Michel Jarraud dikutip dari Scientific American, Senin (9/11/2015).

Menurut grafik agensi milik PBB, level karbon dioksida naik 400 ppm secara perlahan per tahun sejak 1984. Rata-rata tingkat karbon dioksida 397,7 ppm pada 2014 dan masih terus naik di awal 2015.

“Tahun depan kita akan melaporkan konsentrasi lebih tinggi karena adanya El Nino,” tambah Oksana Tarasova, pemimpin penelitian atmosfer WMO pada Reuters.

Untuk itu, lebih dari 150 negara termasuk penyumbang emisi terbesar yakni China dan Amerika Serikat, telah menjalankan program untuk mengatasi emisi hingga 2020. Sayangnya, program yang dijalankan selama ini gagal memenuhi target pengurangan emisi pada 2010 sebesar 3 derajat Celcius.

Kendati demikian, Jarraud masih positif bahwa pengendalian itu masih lebih baik ketimbang tak ada sama sekali. “Pengendalian kenaikan 1 derajat setiap tahun tidak lagi mungkin, terlalu terlambat, tentu saja kenaikan 2 derajat lebih baik,” tutupnya.

Tentang Bukan Bikin

Informasi, Trend, Inovatif
Pos ini dipublikasikan di Lingkungan dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s