Program Tol Laut Diluncurkan


BUKANBIKIN, Jakarta – Program utama Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada akhirnya diluncurkan juga. Program tol laut yang bisa membuat Indonesia menjadi negara poros maritim.

Dalam siaran pers Kementerian Perhubungan, Rabu (4/11/2015). Bertempat di Pelabuhan Tanjung Priok, Kementerian Perhubungan meluncurkan perdana penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik untuk angkutan barang dalam rangka pelaksanaan tol laut tahun anggaran 2015.

Dalam rangka pelaksanaan program tol laut ini, pemerintah juga memberikan penugasan kepada PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni/Persero). Adapun, penugasan kepada BUMN pelayaran tersebut tertuang dalam Perpres Nomor 106 Tahun 2015 tentang penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik untuk angkutan barang dalam rangka pelaksanaan tol laut yang diikuti dengan terbitnya Permen Perhubungan Nomor PM. 161 Tahun 2016 tanggal 16 Oktober 2015 tentang penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik untuk angkutan barang di laut dan Permen Perhubungan Nomor 168 Tahun 2015 tentang tarif angkutan barang dalam negeri dan bongkar muat dalam rangka pelaksanaan tol laut.

Tol laut merupakan program nasional Presiden Jokowi, program tol laut dilatarbelakangi karena adanya disparitas harga yang cukup tinggi antara wilayah barat dan timur di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi yang terpusat di Pulau Jawa mengakibatkan transportasi laut di Indonesia tidak efisien dan mahal karena tidak adanya muatan balik dari wilayah-wilayah yang pertumbuhan ekonominya rendah, khususnya di Kawasan Timur Indonesia.

Pada prinsipnya tot laut merupakan penyelenggaraan angkutan laut secara tetap dan teratur yang menghubungkan pelabuhan-pelabuhan hub disertai feeder dan Sumatera hingga ke Papua dengan menggunakan kapal-kapal berukuran besar sehingga diperoleh manfaat ekonomisnya.

Pada peluncuran perdana penyelenggara kewajiban pelayanan publik untuk angkutan barang dalam rangka pelaksanaan tol laut anggaran 2015, Jonan mengatakan pada tahap pertama dioperasikan tiga kapal untuk tiga trayek.

KM. Caraka Jaya Niaga III – 32 melayani Trayek T-1 Tanjung Perak – Tual – Fak Fak – Kaimana – Timika – Kaimana – Fak Fak – Tual -Tanjung Perak.

KM. Caraka Jaya Niaga Ill – 22 beroperasi di Trayek T – 4 Tanjung Priok – Biak – Serui – Nabire – Wasior – Manokwari – Wasior- Nabire – Serui – Blak – Tanjung Priok.

Sementara KM. Caraka Jaya Niaga III – 4 melayani Trayek T -6 Tanjung Priok – Kijang – Natuna – Kijang – Tanjung Priok.

Tentang Bukan Bikin

Informasi, Trend, Inovatif
Pos ini dipublikasikan di Ekonomi dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s