Diprediksi Partikel Asap Kebakaran Hutan Kepung Pulau Jawa


BUKANBIKIN, Tribunnews – Partikel asap hasil kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantantelah sampai di Pulau Jawa.

Dalam waktu dekat diprediksi langit di Pulau Jawa akan terkepung asap.

Selain partikel asap, di langit Pulau Jawa dipengaruhi pembakaran yang terjadi, seperti kebakaran hutan di Gunung Lawu. Asap ini membumbung tinggi ke langit terkontaminasi di udara.

Selama kurun waktu dua hari ini, partikel asap telah sampai di DKI Jakarta dan Jawa Barat. Ini mengakibatkan terganggunya lalu lintas penerbangan di Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung.

“Tidak hanya di Jakarta, di Bandung, dan beberapa tempat terlihat. Di Pulau Jawa ada beberapa titik,” tutur Pengamat Lingkungan dariUniversitas Indonesia (UI), Firdaus Ali, kepada wartawan, Sabtu (24/10/2015).

Dia menilai sebagai hal yang wajar apabila partikular asap kebakaran hutan dan lahan telah sampai ke Pulau Jawa.

Sebab, letak geografis pusat pemerintahan itu strategis dan berdekatan dengan Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan.

“Faktor cuaca dikepung dari arah barat ada Pulau Sumatera. Lalu, ke arah utara ada Pulau Kalimantan. Faktor angin dari barat ke timur dan dari utara ke selatan,” tuturnya.

Kondisi ini diperparah partikel asal hasil pembakaran yang terjadi di Pulau Jawa. Menurut dia, selama ini partikel asal tersebut cepat menghilang.

Namun, yang terjadi saat ini, partikel asap itu terkonsentrasi padat di udara dan terakumulasi dengan partikel asap dari Karhutla di Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan.

“Hasil pembakaran di Pulau Jawa selama ini cepat menghilang, tetapi karena di atas konsentrasi padat sehingga tak bisa hilang. Terkomulasi menggantung di atas tidak hilang,” tambahnya.

Tentang Bukan Bikin

Informasi, Trend, Inovatif
Pos ini dipublikasikan di Lingkungan dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s