Mengungkap Tafsir Mimpi Lewat Kacamata Psikologi


BUKANBIKIN – Mimpi itu tak sekadar bunga tidur. Hampir setiap mimpi yang kita alami saat terlelap memiliki arti tertentu, walaupun sifatnya bukan seperti ramalan seperti yang diyakini oleh orang-orang zaman dulu. Mimpi merupakan salah satu manifestasi dari kondisi psikologis seseorang yang terbangkitkan saat berada dalam kondisi tak sadar.

Ian Wallace, psikolog sekaligus penulis The Top 100 Dreams: The Dreams That We All Have And What They Really Mean dan The Complete A to Z Dictionary of Dreams: Be Your Own Dream Expert menuturkan kepada DailyMail (29/10), “Selain sebagai aliran imaji yang hidup, mimpi yang kita ciptakan setiap malam juga merupakan arus emosi yang kuat. Penciptaan mimpi adalah respon alami untuk menyelesaikan semua ketegangan emosional yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari.”

Para psikolog telah menganalisis makna tersembunyi di balik beberapa mimpi yang paling umum dialami seluruh dunia. Beberapa ini beberapa di antaranya yang himpun.

Mimpi 1: Dikejar-dikejar

Menurut Ian Wallace, mimpi dikejar-kejar menandakan kalau kita sedang frustrasi dengan hidup sehari-hari atau tantangan yang kita hadapi dalam mencapai suatu hal.

Dikejar oleh binatang menunjukkan ada suatu dorongan naluriah yang sulit untuk dikendalikan dalam kehidupan nyata. Ketika kita bermimpi dikejar raksasa, itu mencerminkan bakat yang besar namun sulit untuk dikembangkan. Jika seorang pria, wanita, atau geng mengejar kita, maka Anda memiliki kesempatan untuk menegaskan bakat tertentu, berarti kita punya kesempatan untuk mengembangkan potensi tetapi harus lari dari beberapa tanggung jawab untuk melakukannya.

Mimpi 2: Gigi copot

Menurut Dreams UK, gigi merupakan bagian tubuh penting dengan beragam fungsi. Gigi juga bagian dari aspek penting dari penampilan kita. Jadi bermimpi kehilangan gigi mungkin manifestasi dari rasa ketidakberdayaan dan krisis kepercayaan.

Gigi yang tanggal mencerminkan kecemasan tentang bagaimana orang lain memandang Anda. Mimpi seperti ini berasal dari rasa takut akan penolakan atau rasa malu.

Mimpi 3: Rumah kebakaran atau kebanjiran

Menurut Ian Wallace, mimpi rumah yang terbakar mengindikasikan perlunya tindakan kreatif untuk mengubah situasi yang sedang dihadapi. Kita bersemangat untuk melakukan perubahan, namun sulit mengarahkan energi kita untuk mencapai hasil yang konstruktif.

Ketika kita bermimpi rumah kita kebanjiran atau atap bocor, mungkin kita sedang berada dalam situasi di mana kita kenyamanan dan identitas kita terancam oleh tingkat emosi kita sendiri.

Mimpi 4: Tidak bisa menemukan toilet

Karena kotoran adalah salah satu kebutuhan dasar kita, bermimpi tidak bisa menemukan toilet ketika harus buang air besar atau kencing bisa berarti sebagai kesulitan dalam mengekspresikan kebutuhan pribadi dalam situasi tertentu.

Menurut Dreams UK, mimpi seperti itu merupakan refleksi dari kebutuhan pribadi yang tidak terpenuhi atau kesulitan untuk mengekspresikan diri.

Mimpi 5: Tenggelam

Menurut Ian Wallace, bermimpi bahwa tenggelam menunjukkan adanya situasi yang membuat kita jadi terlibat secara emosional dan membuat kita terlalu terbawa perasaan.

Tenggelam sampai tidak bisa bernapas menandakan bahwa tidak dapat mengekspresikan perasaan dengan kata-kata. Sementara tidak mampu menyentuh dasar kolam, danau, atau laut berarti kita sedang berjuang untuk keluar dari situasi tersebut.

Mimpi 6: Gagal saat ujian

Siapa yang pernah mimpi tidak bisa menjawab soal-soal tes atau kehilangan pensil saat ujian? Menurut Dreams UK, tidak siap saat menghadapi ujian adalah mimpi yang sangat umum dialami oleh hampir setiap orang. Setidaknya mimpi seperti ini dialami oleh 1 dari 5 orang.

Mimpi gagal ujian mewakili kurangnya kepercayaan diri dan ketidakmampuan untuk maju ke tahap berikutnya dalam hidup.

Mimpi 7: Pasangan selingkuh

Menurut Ian Wallace, bermimpi pasangan tidak setia biasanya dipicu oleh hilangnya rasa percaya diri terhadap daya tarik kita dalam kehidupan sehari-hari.

 

Mimpi seperti ini biasanya mencerminkan bahwa Anda beberapa kebutuhan dasar yang tidak terpenuhi dan pada akhirnya membuat kita merasa tidak atraktif lagi.

Mimpi 8: Jatuh

Mimpi jatuh dari ketinggian mengandung dua makna. Jika kita jatuh dan merasa takut, itu berarti bahwa kita sedang dihantui rasa tidak aman dan kecemasan atas situasi tertentu.

Jika kita menikmati sensasi ketika jatuh, itu berarti kita tidak takut perubahan yang terjadi dalam hidup saat ini.

Mimpi 9: Serangan teroris

Ian Wallace berpendapat kalau serangan teroris merupakan cerminan situasi kerja dengan tekanan tinggi dan perkembangan yang tak terduga yang membutuhkan respon cepat.

Mimpi serangan teroris menunjukkan bahwa kita tengah terlibat dengan sekelompok orang yang membuat kita merasa terpaksa melakukan hal-hal yang tidak kita sukai.

Elemen fundamental dari serangan teroris adalah kejutan dan syok, merepresentasikan guncangan yang kita rasakan karena beban atau tanggung jawab yang dilemparkan kepada kita.

Mimpi 10: Kamar kosong

Menurut Dreams UK, menemukan ruang kosong yang belum pernah kita ketahui menunjukkan prospek di masa depan dan kemampuan baru yang baru disadari. Jika ruangan kosong itu berwarna putih, itu berarti kita siap untuk memulai awal yang baru dalam hidup.

Mimpi 11: Hamil

Hamil biasanya mencerminkan penantian yang berlarut-larut dalam pencapaian suatu rencana atau proyek yang sedang ditekuni.

Masa kehamilan ini menunjukkan kalau kita telah mengembangkan sebuah rencana dan kita perlu bersabar serta mencurahkan perhatian lebih agar rencana tersebut bisa berjalan dengan mulus.

Mimpi 12: Kendaraan yang tidak bisa dikontrol

Mimpi naik mobil, sepeda, atau sepeda motor tetapi tidak bisa mengendalikannya? Menurut Dreams UK, kendaraan mewakili kendali atas hidup dan arah yang kita ambil.

Rem yang blong, setir patah di perjalanan, atau tiba-tiba lupa cara mengemudi adalah manifestasi dari perasaan keluar jalur dan keinginan untuk kembali ke jalur yang benar.

Mimpi 13: Terlambat atau ketinggalan

Mimpi terlambat menghadiri acara penting atau ketinggalan jadwal menunjukkan kalai kita merasa takut gagal menepati deadline atas suatu hal penting yang sedang diusahakan dengan susah payah.

Mimpi 14: Terbang

Bermimpi terbang merepresentasikan langkah berikutnya dalam hidup. Menurut Dreams UK, kesulitan terbang menunjukkan ada sesuatu yang menghentikan kita dalam mengambil langkah penting untuk masa depan.

Takut terbang berarti kita mengalami kesulitan untuk mencapai tujuan besar yang kita tetapkan untuk diri sendiri di masa depan.

Mimpi 15: Telanjang di depan umum

Mimpi telanjang di depan umum adalah simbol ketidakpastian dan tuduhan palsu yang dialamatkan pada diri kita. Mimpi seperti ini menandakan kalau kita merasa malu dan terpojok.

Itulah beberapa bentuk mimpi yang paling sering dialami manusia dan makna yang tersembunyi di dalamnya. Mana yang kamu alami baru-baru ini?

Iklan

Tentang Bukan Bikin

Informasi, Trend, Inovatif
Pos ini dipublikasikan di Gaya Hidup dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s