Festival Karimata 2015


BUKANBIKIN, Pontianak – Sebanyak 40 yacht atau kapal pesiar dari 15 negara memastikan diri mengikuti Festival Karimata, 17-20 Oktober mendatang di Pulau Karimata, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

“Kami sangat menanti untuk menikmati destinasi wisata bahari, maupun adat istiadatnya,” ungkap Executive Director Yayasan Cinta Bahari Antar Nusa, Raymond Lesmana, selaku operator Wonderful Sail2Indonesia 2015.

Raymond memastikan tidak akan ada kendala terkait komunikasi. Sebab, beberapa yachter ada yang bisa berbahasa Indonesia. Namun lebih baik jika ada peterjemah untuk mendampingi peserta. Untuk mengatasi hal ini, Dinas Pariwisata dan Olahraga Kayong Utara mempersiapkan 18 pemuda dan pelajar untuk menjadi peterjemah.

“Sudah dilakukan semacam pelatihan singkat kepada penerjemah. Terutama dibekali pengetahuan tentang budaya setempat,” kata Mas Yuliandi, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kayong Utara. Yuliandi mengatakan, selain berinteraksi dengan masyarakat setempat, para pesiar asing ini akan mengikuti serangkatan kegiatan yang mengenalkan budaya setempat. Termasuk menikmati keindahan alam dan bawah air di beberapa spot di Pulau Karimata.

“Nanti akan ada sesi menyelam. Mereka juga akan disuguhi ragam atraksi budaya khas masyarakat kepulauan, hingga berkesempatan menikmati hidangan ala Karimata dalam Food Festival,” kata Yuliandi lagi. Untuk penggemar dunia fotografi, mereka juga dipersilahkan berbaur dengan puluhan fotografer peserta hunting foto yang merupakan rangkaian kegiatan festival ini.

Yuliandi mengatakan besar harapan masyarakat Negeri Bertuah agar Kepulauan Karimata yang dikenal sebagai “Mutiara Khatulistiwa” yang tersembunyi ini bisa terekspos ke dunia luar. Festival Karimata 2015 sendiri dipastikan akan diramaikan oleh sekurangnya 430 peserta. Selain akan ditawarkan beberapa kegiatan seperti menyelam, food festival dan hunting foto, akan dihelat beberapa kegiatan lainnya.

Lomba sampan khas warga Karimata atau biasa disebut jukong juga merupakan atraksi seru, parade memancing di laut lepas hingga menikmati ragam kehidupan khas masyarakat kepulauan pun akan menjadi suguhan menarik bagi seluruh peserta.

Tentang Bukan Bikin

Informasi, Trend, Inovatif
Pos ini dipublikasikan di Festivals & Events dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s