Apa Yang Baru Dari Android 6.0 Marshmallow?


BUKANBIKIN – Versi terbaru Android 6.0, yang telah diumumkan Google sebagai Android Marshmallow, memang belum resmi dirilis oleh perusahaan ini. Google saat ini hanya menyediakan preview Marshmallow. Menurut kabar yang beredar, Android Marshmallow ini baru akan dirilis sekitar bulan September mendatang,

Walaupun belum dirilis, sudah beredar kabar fitur terbaru Marshmallow yang belum ada di Android Lollipop. Berikut beberapa fitur yang beredar mengenai Marshmallow, seperti dilansir dari Tech Radar.

  1. Fingerprint support

    Beberapa produsen smartphone sudah gencar menambahkan fasilitas deteksi sidik jari di smartphone terbaru mereka. Namun, Anda tidak harus membeli smartphone terbaru untuk bisa merasakan fasilitas terbaru ini.

    Google akan membuat dukungan deteksi sidik jari pada smartphone yang menggunakan Android versi Marshmallow. Pengguna bisa membuka kunci smartphone dengan deteksi sidik jari .

  2. Minamalisir konsumsi baterai

    Google akan menerapkan fitur Doze, di mana perangkat Anda akan mendeteksi ketika tidak ada gerakan dalam jangka waktu yang lama. Sehingga smartphone akan mengonsumsi daya lebih sedikit. Tetapi walaupun begitu, fitur Doze ini tetap akan menampilkan alarm dan pemberitahuan si smartphone Anda.

    Google juga telah melakukan percobaan terhadap tablet Nexus 9 yang menjalankan Android Marshmallow dan satu menggunakan Android Lollipop. Hasilnya, daya pada Nexus yang menjalankan Android Marshmallow ini bisa bertahan dua kali lebih lama dari Nexus yang menjalankan Android Lollipop.

  3. Android Pay

    Sebenarnya Android Pay ini bisa dinikmati tidak hanya di versi Android Marshmallow. Android Pay tersedia juga di Android KitKat ke atas.

    Pengguna tidak perlu membuka aplikasi untuk melakukan pembayaran, namun Anda harus menempatkan smartphone pada payment terminal yang kompatibel. Anda juga dapat menggunakan Android Pay dalam aplikasi pihak ketiga untuk pembelian yang sederhana.

  4. Pengisian baterai

    Jika smartphone menggunakan Android Marshmallow, diklaim bisa melakukan pengisian yang lebih cepat karena dukungan USB-C. USB-C sendiri adalah jenis baru konektor USB yang bisa dipasang dengan mudah.

    Google mengklaim perangkat dengan konektor USB-C bisa melakukan pengisian daya 3 sampai 5 kali lebih cepat dari microUSB yang saat ini banyak di pasaran.

  5. Google Now

    Fungsi Google Now yang canggih, membuat Google memberikan jalan pintas bagi pengguna yang ingin memakai fitur Google ini. Anda hanya perlu menekan tombol Home beberapa detik, maka Google Now akan langsung bisa digunakan. Pengguna tidak perlu menutup atau meninggalkan aplikasi yang sedang dibuka, sehingga lebih efektif.

  6. Tampilan

    Jika dilihat dari tampilan awal, Android Marshmallow tetap menggunakan desain tampilan di Android 5.0 Lollipop. Namun, ada perbedaan yang tidak terlalu mencolok adalah ‘scrolling’ menjadi berbentuk horisontal. Anda juga bisa dengan mudah mencari aplikasi yang diinginkan dengan cara langsung melompat ke aplikasi tersebut. Anda hanya perlu mengetahui abjad pertama aplikasi itu.

Tentang Bukan Bikin

Informasi, Trend, Inovatif
Pos ini dipublikasikan di Techno dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s