Manfaat Menyusui Bagi Kesehatan


BUKANBIKIN – Beberapa ibu tidak mau menyusui bayi mereka karena beberapa alasan. Beberapa mengatakan bahwa itu akan merusak bentuk tubuh mereka. Sebaliknya, menyusui justru memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Yuk simak ulasan berikut!

1. Menurunkan berat badan

Menyusui dapat membantu menurunkan berat badan setelah kehamilan. Jadi Anda tak perlu repot untuk diet, karena menyusui sendiri telah membantu Anda untuk diet.

2. Tulang yang sehat

Wanita memiliki risiko osteoporosis terutama ketika mereka memasuki usia 40 tahun. Kalsium pada tulang akan menghilang karena penurunan kadar hormon selama menopause. Dan wanita yang menyusui memiliki risiko lebih rendah terkena osteoporosis dan patah tulang.

3. Risiko kanker payudara

Wanita yang menyusui memiliki penurunan risiko kanker payudara sebesar 25 persen. Risiko itu akan menurun dengan meningkatnya durasi menyusui bayi.

4. Menjadi kontrasepsi alami

Menyusui bisa menunda ovulasi dan itu bisa bertindak sebagai kontrasepsi alami. Masa di mana Anda menyusui bayi Anda akan menjadi periode infertilitas untuk Anda.

5. Meredakan stres dan kecemasan

Menyusui tidak hanya baik untuk kesehatan fisik seorang ibu, tetapi juga untuk kestabilan emosionalnya. Ibu yang menyusui bayi mereka memiliki mental yang lebih tenang dan mampu bersikap lebih santai. Mereka juga lebih jarang menderita kecemasan postpartum.

6. Mengurangi risiko kanker rahim

Bila Anda menyusui bayi Anda, tingkat estrogen dalam tubuh Anda akan turun. Hal tersebut bisa mencegah risiko kanker rahim karena kadar estrogen yang tinggi dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit mematikan itu.

Inilah enam manfaat menyusui bagi kesehatan wanita. So, kalau sudah tahu manfaatnya, jangan pernah takut untuk memberi ASI untuk bayi Anda. Itu sangat baik untuknya dan juga Anda.

Tentang Bukan Bikin

Informasi, Trend, Inovatif
Pos ini dipublikasikan di Gaya Hidup, Kesehatan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s