Fakta Menarik dari Simpanse


BUKANBIKIN, Jakarta – Simpanse adalah mamalia yang cerdas dan menarik untuk diteliti. Saking cerdasnya, tak jarang simpanse dijadikan tokoh utama dalam film-film bertema hewan dan manusia.

Para peneliti juga melakukan penelitian terhadap simpanse untuk mencari hal-hal baru tentang simpanse. Hewan yang bentuknya juga mirip manusia ini ternyata memiliki hal-hal unik yang mungkin belum banyak diketahui. Berikut ini di antaranya.

1. Simpanse bisa membunuh

Dalam banyak video dokumenter, simpanse sering terlihat imut, lucu, dan menggemaskan. Namun, untuk merebut wilayahnya, simpanse bisa menyerang dengan brutal kepada lawannya. Penyerangan ini biasanya dilakukan oleh simpanse jantan dengan serangan yang “tenang, diam-diam, dan mematikan”. Mereka bahkan rela membunuh sesama simpanse untuk memperluas wilayah, makanan tambahan, kelompok, dan simpanse perempuan.

2. Hubungan seksual

Sama seperti mamalia pada umumnya, simpanse membutuhkan hubungan seksual. Jurnal Nature menuliskan simpanse memiliki duri kecil pada kelaminnya yang dapat meningkatkan rangsangan saat kawin. Menurut penelitian, duri tersebut merangsang simpanse wanita “dengan hebatnya”, tapi sekaligus menyakitkan.

3. Berpikir

Simpanse diklaim memiliki kecerdasan yang sama seperti manusia. Dalam sebuah uji coba terhadap tiga simpanse di Zambia, mereka memiliki cara yang berbeda-beda untuk membuka jeruk berkulit keras agar dapat dimakan. Ada simpanse yang membukanya dengan cara dibenturkan ke pohon, memukulnya dengan jeruk lain, sampai menginjaknya hingga terbuka.

4. Tertawa

Ternyata simpanse juga bisa tertawa saat digelitik. Terkadang tawa mereka terdengar mirip seperti manusia, bahkan dengan dua cara. Simpanse bisa tertawa saat menghirup dan mengembuskan napasnya.

5. Peduli sesama

Sifat sosial juga dimiliki oleh simpanse. Dalam beberapa kali penelitian, simpanse sering memberikan bantuan kepada simpanse lain dalam kelompoknya. Para peneliti menduga bahwa simpanse juga menyadari efisiensi dalam mengerjakan sesuatu.

6. Berduka

Simpanse memiliki emosi yang sama seperti manusia. Dalam sebuah video dokumentasi, seekor simpanse betina mengusir semua lalat yang mulai mengerubungi anaknya yang baru saja mati. Bahkan simpanse malang ini terus membawa mayat anaknya ke mana-mana selama berminggu-minggu.

Iklan

Tentang Bukan Bikin

Informasi, Trend, Inovatif
Pos ini dipublikasikan di Fauna dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s