Papua

Pulau Papua atau Pulau Irian merupakan Pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland di kutub utara. Pulau ini terbagi menjadi 2 yaitu sebelah barat dikuasai oleh Indonesia dan sebelah timur dikuasai oleh Papua Nugini. Objek wisata di pulau yang berbentuk burung rajawali ini berkelas internasional.

Di Pulau ini sebenarnya banyak potensi wisata yang belum dieksplore, dikarenakan lokasinya jauh dari pusat perekonomian negara Indonesia. Disamping keindahan alamnya baik berupa gunung, hutan ataupun danau, budaya di pulau Papua ini juga perlu dilestarikan karena wisatawan khususnya yang dari luar negeri sangat suka akan budaya yang cenderung primitif ini.

Bagi yang suka akan wisata petualang, pulau Papua sangat cocok karena lokasinya sebagian besar masih alami dan terpencil sehingga untuk menuju ke lokasi harus melalui jalur laut/air maupun udara. Berikut daftar tempat atau objek wisata yang bisa sobat kunjungi di Papua :

1. Danau Sentani

Danau ini terletak di Kabupaten Jayapura propinsi Papua dan berada di lereng pegunungan cagar alam Cycloops. Di danau ini diadakan Festival Danau Sentani tiap tahunnya dengan mempertunjukkan keseniannya penduduk setempat.

2. Pegunungan Jayawijaya
Pegunungan ini terletak di propinsi Papua dan memiliki puncak dengan ketinggian 4.800 meter dpl yang diselimuti oleh salju abadi, dan merupakan salju satu-satunya yang ada di Indonesia. Gunung ini juga merupakan gunung tertinggi di Indonesia.

3. Taman Nasional Lorentz
Taman Nasional membentang dari puncak pegunungan Jayawijaya yang berselimut salju sampai ke perairan pesisir pantai di laut Arafura. Taman nasional ini memiliki luas 2.505.600 hektar dan merupakan salah satu situs warisan dunia di Indonesia.
4. Kepulauan Raja Ampat
Nama Raja Ampat sebagai tempat wisata sudah sangat dikenal sampai mancanegara. Kepulauan Raja Ampat memiliki spot-spot menyelam yang sangat indah. Keindahan bawah laut Raja Ampat memang tiada duanya. Dengan berbagai spesies ikan dan terumbu karangnya membuat Raja Ampat menjadi salah satu spot terbaik untuk diving.

5. Danau Paniai
Danau ini  memiliki luas 14.500 hektar dan berada pada ketinggian 1.700 mdpl. Danau ini juga diakui dunia dalam konferensi danau sedunia pada tahun 2007 lalu.

6. Pulau Rumberpon
Pulau ini menyajikan keindahan bawah lautnya. Bagi yang hobi diving atau snorkeling, pulau ini sangat cocok karena tidak kalah dengan lokasi wisata lainnya.

7. Monumen Perjuangan
8. Danau Air Garam
9. Monumen Tugu MacArthur
10. Pantai Amai
11. Pantai Holtekamp
12. Lembah Balliem
13. Danau Yamur
14. Gunung Kwoka
15. Gunung Wasada 

dan banyak lagi lainnya. Segala yang diberikan Tuhan kepada kita berupa alam yang indah ini sudah selayaknya kita jaga dan lestarikan untuk anak cucu kita.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s